What are you looking for ?

Jumat, 03 Mei 2013

Rendering Farm

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang Rendering Farm dan sekalian untuk tugas kuliah hehe

Rendering Farm
   Singkat nya Rendering Farm adalah suatu proses dalam me-Render ( Rendering ) suatu object atau animasi dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi, Rendering farm sendiri berasal dari kata "Rendering" dan "Farm".


     Rendering ini merupakan sebuat proses untuk mengubah model geometri menjadi gambar, dan proses Rendering ini bagi pada pembuat animasi pasti sudah tahu kalau dalam proses ini sangat memakan waktu yang cukup lama, apa lagi kalau spesifikasi hardware yang anda miliki sangat rendah, mungkin untuk merender animasi yang berdurasi 5 menit bisa menghabiskan waktu lebih dari 2 jam atau lebih, jika dengan spesifikasi hardware yang bagus mungkin bisa lebih cepat, jadi jangan paksakan hardware jika tidak kuat merender hehe

     Farm seperti artinya adalah bertani, yang biasanya dilakukan bersama-sama untuk menanam di suatu ladang.

    Dari dua hal tersebut maka dibuatlah suatu proses bernama Rendering Farm ini, yang berarti melakukan Rendering secara bersama-sama, bahasa gampangnya gotong royong hehe jadi beberapa komputer di gabungkan untuk merender, pada dasarnya konsep kerja Rendering Farm ini adalah membagi tugas rendering yang bisa memakan waktu lama dan membutuhkan computing powor yang besar ke beberapa komputer dengan spesifikasi minim, dari segi biaya, akan menjadi sangat mahal jika untuk merender saja, harus menggunakan workstation, seperti dual atau quad soket procie.
proses kerjanya pada dasarnya tergantung pada kebutuhan sendiri misalnya render single frame, maka render farm tersebut akan melakukan rendering satu gambar tersebut bersama-sama jika pembagian tugas diatur oleh workstation yang menyeluruh.
kemudian untuk merender animasi biasanya tiap komputer yang ada di render farm tersebut akan di berikan tugas secara manual, misalnya jika memiliki 5 komputer di dalam rendering farm, maka komputer pertama di perintahkan untuk merender mulai dari frame 1-100 kemudian komputer ke dua di perintahkan untuk merender frame 101-200 dan seterusnya sesuai keinginan pembuat.
berikut contoh gambar sebuah rendering farm :




untuk membuat Rendering Farm ini juga membutuhkan Tools tersendiri, berikut adalah tools yang dipakai dalam Rendering Farm.

1. YADRA digunakan untuk membangun Rendering Farm software ini melakukan proses paralel rendering, dan software ini sangat efektif digunakan untuk membangun Rendering Farm, sebab Yadra ini memecah dan mendistribusikan Frame dari animasi yang akan di render kepada setiap komputer.


2. ROYAL RENDER software ini juga digunakan untuk mengatur pemberian pekerjaan pada setiap komputer, Royal Render ini dibentuk oleh realitas keras dari proyek-proyek kecil dan besar.

3. BLENDER merupakan software yang digunakan untuk membangun animasi, blender mempunyai banyak tools untuk berbagai macam pengelolahan digital sesuai keinginan pengguna.


Sumber : 
- http://tutorialblender3d.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-atau-setting-render-farm.html
-http://www.dailytechnews.org/top-5-rendering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar