What are you looking for ?

Selasa, 26 November 2013

Kiat sukses menghadapi sidang skripsi

Tulisan ini dibuat untuk melengkapi tulisan matakuliah softskill (Pengantar Bisnis Informatika). Berdasarkan objektifnya berikut beberapa point yang dapat saya utarakan yang menyangkut kiat kiat sukses menghadapi siding sarjana s1.
Kiat kiat sukses:


1. Berdoa kepada Tuhan YME. Syukurilah semua perjuangan kawan selama mengerjakan skripsi, setelah itu mintalah kepada Tuhan agar nanti diberikan kelancaran dan dapat lulus dengan sukses.

2.      Pelajarilah kembali skripsi kawan-kawan. Pahamilah isinya, buatlah daftar perkiraan pertanyaan dosen penguji. Perkirakanlah pertanyaan apa saja yang nantinya akan dilontarkan dosen penguji kepada anda. Setelah itu buatlah jawaban dari perkiraan pertanyaan tersebut dengan sebaik mungkin.

3.      Persiapkan buku-buku dan literatur yang dapat membantu kawan-kawan saat proses sidang.

4.      Carilah informasi mengenai siapa sajakah dosen penguji yang akan menguj kawan. Cari tahu wataknya, pembawaannya, background pendidikannya, agar nantinya kawan dapat siap lahir bathin bertatap muka dengan beliau.

5.    Persiapkanlah pakaian yang rapi (biasanya hem putih, celana kain hitam, sepatu fantofel hitam, kaos kaki hitam, sabuk hitam, dan almamater universitas). Persyaratan pakaian ini biasanya diatur oleh masing-masing fakultas/jurusan/universitas. Juga jangan lupa untuk tampil maksimal, bersih, bersinar, tampan/cantik, dan tidak terlalu berlebihan.

6.   Jagalah kesehatan anda, jangan sampai anda sakit, sehingga dapat mengurangi performa anda pada saat menghadapi sidang skripsi.

7.      Siapkanlah handout presentasi anda, biasanya dosen memperkenankan anda untuk mempresentasikan skripsi anda. Alangkah baiknya jika anda menyiapkan slide power point sebagai media anda presentasi anda, hal ini akan menambah nilai dan citra anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar