What are you looking for ?

Selasa, 26 November 2013

Profile PT. Kimia Farma (persero) Tbk



SEKILAS TENTANG KIMIA FARMA

Kimia Farma adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Nama perusahaan ini pada awalnya adalah NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Berdasarkan kebijaksanaan nasionalisasi atas eks perusahaan Belanda di masa awal kemerdekaan, pada tahun 1958, Pemerintah Republik Indonesia melakukan peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi) Bhinneka Kimia Farma. Kemudian pada tanggal 16 Agustus 1971, bentuk badan hukum PNF diubah menjadi Perseroan Terbatas, sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

Pada tanggal 4 Juli 2001, PT Kimia Farma (Persero) kembali mengubah statusnya menjadi perusahaan publik, PT Kimia Farma (Persero) Tbk, dalam penulisan berikutnya disebut Perseroan. Bersamaan dengan perubahan tersebut, Perseroan telah dicatatkan pada Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (sekarang kedua bursa telah merger dan kini bernama Bursa Efek Indonesia). Berbekal pengalaman selama puluhan tahun, Perseroan telah berkembang menjadi perusahaan dengan pelayanan kesehatan terintegrasi di Indonesia. Perseroan kian diperhitungkan kiprahnya dalam pengembangan dan pembangunan bangsa, khususnya pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia.


BUDAYA PERUSAHAAN

Budaya perusahaan PRIMA yang mencakup aspek nilai diri dan nilai kerja dan telah ditetapkan sejak tahun 2004, masih tetap relevan dengan visi misi Perseroan saat ini. Budaya perusahan tersebut adalah :

1. Profesionalisme

Adalah kesadaran dalam berpikir, berbicara dan bertindak dalam menjalan tugas dan fungsinya dengan penuh semangat, dan berbekal pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam situasi dan kondisi apapun.

2. Kerja Sama

Adalah bekerja dalam kebersamaan dalam langkah dan pikiran yang tercermin dalam kerjasama tim antar karyawan yang erat dan solid untuk mendapatkan hasil terbaik bagi perusahaan.

3. Integritas

Merupakan sikap mental yang positif yang melandasi semangat dan antusiasme dalam bekerja secara professional. Berbekal budaya perusahaan tersebut, Perseroan telah berhasil menemukan inti sari budaya perusahaan yang merupakan nilai-nilai inti perusahaan (corporates value) yaitu I C A R E yang menjadi acuan/pedoman bagi Perseroan dalam menjalankan usahanya, untuk berkarya meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat luas. Berikut adalah nilai-nilai inti (corporates values) Perseroan :

4. Innovative

Budaya berpikir out of the box, smart, dan kreatif untuk membangun produk unggulan

5. Customer First

Mengutamakan pelanggan sebagai mitra kerja

6. Accountability

Dengan senantiasa bertanggung jawab atas amanah yang dipercayakan oleh perusahaan dengan memegang teguh profesionalisme, integritas dan kerja sama

Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan Perseroan adalah turut melaksanakan dan menunjang program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya kegiatan usaha di bidang industri kimia, farmasi, biologi dan kesehatan serta industri makanan dan minuman dengan menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik.

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, Perseroan melaksanakan kegiatan usaha, baik dilakukan sendiri atau pun kerjasama dengan pihak lain, sebagai berikut :
                                            
1. Mengadakan, menghasilkan, mengolah bahan kimia, farmasi, biologi dan lainnya yang diperlukan guna pembuatan sediaan farmasi, kontrasepsi, kosmetik, obat tradisional, alat kesehatan, produk makanan/minuman dan produk lainnya termasuk bidang perkebunan dan pertambangan yang ada hubungannya dengan produksi sebagaimana disebutkan di atas.

2. Memproduksi produk unggulan baik dari pengembangan sendiri maupun kerja sama dengan pihak luar.

3. Menyelenggarakan kegiatan pemasaran, perdagangan dan distribusi dari hasil produksi seperti pada poin 1, baik hasil produksi sendiri maupun hasil produksi pihak ketiga, termasuk barang umum, baik di dalam maupun di luar negeri serta kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan usaha Perseroan.

4. Berusaha di bidang jasa, yang berhubungan dengan kegiatan usaha Perseroan, serta upaya dan sarana pemeliharaan dan pelayanan kesehatan pada umumnya, termasuk jasa konsultasi kesehatan.

5. Jasa penunjang lainnya termasuk pendidikan, penelitian dan pengembangan sejalan dengan maksud dan tujuan Perseroan, baik yang dilakukan sendiri maupun kerja sama dengan pihak lain.

VISI

Menjadi korporasi bidang kesehatan terintegrasi dan mampu menghasilkan pertumbuhan nilai yang berkesinambungan melalui konfigurasi dan koordinasi bisnis yang sinergis.

MISI

Menghasilkan pertumbuhan nilai korporasi melalui usaha di bidang-bidang :

1. Industri kimia dan farmasi dengan basis penelitian dan pengembangan produk yang inovatif.

2. Perdagangan dan jaringan distribusi.

3. Pelayanan kesehatan yang berbasis jaringan ritel farmasi dan jaringan pelayanan kesehatan lainnya.

4. Pengelolaan aset-aset yang dikaitkan dengan pengembangan usaha perusahaan.

Direksi
Rusdi Rosman - Direktur Utama
Lulus dari Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 1989, meraih gelar MBA Operation Management dari California State University, San Bernardino CA, USA tahun 1999 dan Global Business Management University of California, Riverside, USA. Sebelumnya menjabat sebagai Corporate Secretary PT Kimia Farma (Persero) Tbk dan pada tahun 2007 diangkat menjadi Direktur Keuangan dan SDM di PT Biofarma. Tidak lama di Biofarma, pada tahun 2007 juga, dipercaya sebagai Direktur Keuangan PT Kimia Farma (Persero) Tbk. sampai dengan akhir masa bhaktinya tahun 2012.

Arief Budiman - Direktur Keuangan
Lulus dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, kemudian melanjutkan studi S2 bidang Business Administration dari Saint Mary’s University, Halifax, Canada. Pernah menjabat sebagai Direktur SDM pada PT Hotel Indonesia Natour tahun 2003, Direktur Keuangan Administrasi dan SDM pada Hotel Indonesia Natour tahun 2009 dan jabatan terakhir sebelum ini sebagai Kepala Divisi Portofolio PIP, Kementerian Keuangan.

M. Wahyuli Syafari - Direktur Riset dan Pengembangan Bisnis
Menyelesaikan pendidikan Apoteker dari Universitas Padjajaran Bandung dan langsung bergabung dengan Kimia Farma. Pernah menjabat sebagai Regional Institution Manager tahun 2008-2009, Manager Institusi Wilayah Barat 2009-2010 dan jabatan terakhir sebelum diangkat menjadi Direktur Riset dan Pengembangan Bisnis adalah Direktur Utama PT Kimia Farma Trading & Distribution.

Anak Perusahaan

1. PT KIMIA FARMA TRADING & DISTRIBUTION
PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) adalah anak perusahaan Perseroan yang didirikan pada tanggal 4 Januari 2003, bergerak di bidang layanan distribusi dan perdagangan produk kesehatan dan memiliki wilayah layanan yang luas mencakup 33 Propinsi dan 466 Kabupaten atau Kota.

2. PT KIMIA FARMA APOTEK
PT Kimia Farma Apotek (KFA) adalah anak perusahaan Perseroan yang didirikan berdasarkan akta pendirian No. 6 tanggal 4 Januari 2003 yang dibuat di hadapan Notaris Ny. Imas Fatimah, S.H. di Jakarta dan telah diubah dengan akta No. 42 tanggal 22 April 2003 yang dibuat di hadapan notaris Nila Noordjasmani Soeyasa Besar, S.H. Akta ini telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan surat keputusan No : C-09648 HT.01.01. TH.2003 tanggal 1 Mei 2003.

Pemasaran industri farmasi
Perseroan tidak hanya memasarkan produk di dalam negeri saja, namun juga melakukan ekspor guna memenuhi permintaan obat-obatan di negara-negara Asia, Eropa, dan Afrika. Kegiatan pemasaran didukung oleh sekitar 453 field forces untuk seluruh lini yang tersebar di wilayah Indonesia, terdiri dari Product Manager, Regional Sales Manager dan Area Supervisor. Pada tahun 2012, Perseroan dapat menjaring lebih dari 13.497 orang dokter dan 1.304 buah rumah sakit. Di tahun 2012, telah diselenggarakan berbagai kegiatan pemasaran dalam rangka peningkatan penjualan.

Financial Statement


Tidak ada komentar:

Posting Komentar